Rohimibnuahmad’s Weblog


hasil PPL 2008

alhamdulillah..akhirnya aku diizinkan oleh Allah untuk menghirup kembali udara segar kota bandung. setelah kurang lebih 1 bulan terisolasi di desa kajen, kecamatan margoyoso, kabupaten pati, jawa tengah.

ternyata, apa yang telah kualami jauh lebih berkesan daripada apa yang kubayangkan sebelumnya ketika akan berangkat ke sana.

pertama. disana adalah lingkungan pondok pesantren masyarakat NU yang masih desa, jadi rasanya aku seperti kembali di rumah saja..mengaji di pondok, membaca shalawat dan dzikir bersama selesai shalat magrib, setiap menjelang subuh dibangunkan oleh ayat2 suci Alquran lewat pengeras suara.. dan bisa berkomunikasi dengan penduduk sekitar dengan bahasa jawa yang halus dan bisa beramah-tamah dengan mereka. alhamdulillah…

kedua. aku bertemu dengan kyai Nukman Thohir. beliau adalah pengasuh pondok pesantren kulon banon, pesantren yang selama ini kutinggali. aku disana diajar berbagai ilmu, antara
lain tasawuf, ushuluddin, ushulul fiqh, tauhid, dan nasionalisme. selain itu juga ada materi-materi kewirausahaan dan kreativitas dari para alumni gamais ITB. ada satu lagi materi yang jauh lebih penting, yaitu materi hikmah dan kebijaksanaan yang disampaikan oleh kyai Nukman, pak muh (filosof), kyai Mustofa Bisri (gus mus), dan kyai sahal mahfud. sungguh pertemuan yang harus disyukuri.

ketiga, aku bisa mengulang kembali masa kecilku di sana, yaitu main bola di lapangan tanpa alas kaki, main bola dan lari-larian di pantai kartini rembang, dan jalan-jalan bareng orang tua dan teman – teman keliling desa..sengguh nikmat yang sangat besar…

aku dan teman-teman juga menyempatkan diri untuk mengunjungi pabrik pembuatan tepung tapioka (pati) yang ada di dekat pesantren. disana kami melihat proses penggilingan ketela menjadi tepung dan bagaimana limbah itu sampai dihasilkan , akhirnya kami dapat menyimpulkan kenapa sampai limbah di sana tidak ada yang menangani, dan banyak terdampar di sungai-sungai sehingga menimbulkan polusi udara.

sedikit pengetahuan yang bisa saya berikan bagi pembaca di sini antara lain:

1. bahwa kita sebagai orang yang bisa mengenyam pendidikan tinggi seharusnya bisa bersyukur karena masih banyak saudara-saudara kita di pelosok sana yang masih belum bisa menikmatinya. kita seharusnya bisa lebih memanfaatkan anugrah yang diberikan oleh Allah berupa kecerdasan intelektual sehingga kita bisa mencapai pendidikan yang tinggi ini, dan berusaha menggunakan kecerdasan kita untuk memperbaiki kondisi masyarakat desa yang masih jauh tertinggal.

2. bahwa masyarakat saat ini hampir tidak bisa memikirkan bagaimana kondisi negeri ini ke depan, mereka hanya mampu memikirkan bagaimana kondisi mereka dan keluarga mereka ke depannya, bagaimana agar keluarga mereka bisa hidup, dan sebagainya. sementara kita di sini yang sudah diberi kelimpahan rezeki dan pengetahuan cukup susah memberikan gambaran bagaimana kondisi negara saat ini dan bagaimana kondisi negara di masa depan jika kita tidak bertindak. kami juga kesulitan ketika kami menjelaskan apa yang saat ini kami pelajari di ITB, karena mereka kebanyakan belum mengenal atau baru pertama kali mendengar istilah-istilah di perguruan tinggi atau di dunia sains..

memang seperti itulah kondisi real bangsa kita saat ini. ketika di kota orang-orang sedang sibuk memikirkan bagaimana mereka bisa mempertahankan kekuasaan dan pengaruh mereka, di sisi lain, masyarakat di desa tidak tahu menahu tentang kondisi politik di kota, dan sama sekali tidak tertarik untuk mengetahuinya, karena berapa kalipun pemimpin daerah berganti, sama sekali tidak memberi efek bagi mereka. mereka tetap miskin..hidup tetap susah..

semoga para pemimpin kita benar-benar bisa menyadari apa sebenarnya tugas seorang pemimpin, apa sebenarnya tanggung jawab mereka, dan apa yang seharusnya mereka jawab ketika Allah SWT kelak menanyai mereka di yaumul Hisab. Amiin.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: