Rohimibnuahmad’s Weblog


Membangun Profesionalisme di Era Globalisasi
Juni 15, 2008, 9:26 am
Filed under: Uncategorized

Alhamdulillah, pagi tadi telah dilaksanakan Salman Leadership Forum dengan Tema Membangun Profesionalisme di Era Globalisasi (kalau tidak salah intinya itu..walaupun kalimatnya sepertinya tidak pas-pas banget). pembicaranya Ir. Abdul Hamid Batubara, MBA. beliau adalah Senior Vice Precident PT Chevron Indonesia (yang dulunya adalah PT Caltex Indonesia, anak cabang PT Chevron International milik United States).

Dalam acara tersebut, beliau bercerita tentang apa sih yang dimaksud dengan Profesionalisme. beliau menjelaskan bahwa Profesional itu identik dengan Integritas. artinya, orang bisa disebut Profesional bila dia memiliki 2 hal dalam mengerjakan setiap pekerjaan. yang pertama adalah Hard skill, yaitu kemampuan di suatu bidang tertentu. yang kedua adalah Soft skill, yaitu kemauan untuk melakukannya secara jujur dan maksimal.

Ketika Beliau ditanya apakah sejak SMA beliau telah mencita-citakan menjadi seorang Vice President, beliau sama sekali menyangkalnya. beliau mengaku bahwa dulu cita-citanya hanya ingin menjadi orang yang berguna bagi orang lain. tetapi beliau telah memiliki prinsip yang selalu beliau pegang sejak kecil, yaitu beliau akan selalu bersikap jujur dan menjaga integritas dalam setiap pekerjaannya, beliau menghindari sifat marah, egois, dan ingkar janji. karena beliau berpendapat bahwa sifat-sifat itulah yang mengakibatkan seseorang kehilangan kredibilitasnya di hadapan orang lain.

perjalanan beliau sejak SD sampai menjadi vice President saat ini bukanlah perjalanan yang mudah. beliau mengaku sejak SD sampai Kuliah bekerja di usaha sablon milik keluarga. selain itu, beliau mengaku sangat menggemari pemrograman sehingga beliau menguasai beberapa bahasa mesin/bahasa pemrograman. oleh karena itu, beliau setelah lulus dari Teknik Elektro ITB tahun 1982 diterima bekerja di PT Caltex yang ada di Riau. beliau mendapat pekerjaan yang sangat sesuai dengan hobinya selama di bangku kuliah, sehingga dengan cepat beliau bisa menduduki posisi yang cukup tinggi di perusahaan tersebut.

setelah beberapa tahun, beliau mendapat kesempatan untuk bekerja di bidang Finance, dengan syarat beliau harus kuliah dulu untuk mendapatkan gelar MBA di Amerika Serikat. setelah beliau menyelesaikan studinya, beliau pulang ke Indonesia dan sejak saat itu beliau bekerja di bidang Finance.

Beberapa pelajaran yang dapat saya ambil dari pengalaman Hidup beliau antara lain:

1. Kehidupan semua sudah diatur oleh Allah SWT. manusia hanya berkewajiban untuk berusaha secara maksimal dalam menjalani kehidupannya.

2. kunci kesuksesan dalam Pekerjaan  adalah…senangilah segala pekerjaan yang kita lakukan, karena jika kita bisa melakukannya, kita akan dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan itu secara mulus dan hasilnya akan maksimal.

3. Dalam bekerja, gunakanlah tips-tips yang sudah dijelaskan oleh Steven Covey dalam bukunya Seven Habits of Highly Effective People.

4. yang Terakhir, Berdoalah Kepada Allah, gunakan Shalat Tahajjud Dan Shalat Istikharah sebagai media kita untuk berdoa dan memohon kepada Allah.

jika kita bisa tetap menjaga integritas dalam bekerja dan selalu berdoa kepada Allah, insyaallah dunia dan akhirat dapat kita gapai.

amin..


2 Komentar so far
Tinggalkan komentar

my grandpa’s sooo inspirative

Komentar oleh aze

terimakasih ya.. semoga kita bisa meneladani perjuangan mereka

Komentar oleh rohimibnuahmad




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: